Kongruensi…

Huehehehehehehehe *ketawa ala mak lampir pemeran misteri gunung merapi*

Apaan tuh kongruensi?? Kalo nggambar bangun ruang harus kongruen supaya g miring2 dengan g wajar…apa yang dimaksud adalah kongruen yang itu?? Teetooot!! Bukan…

Maksudku adalah kongruen dan inkongruen dari teorinya Carl Rogers…^u^ *mentang2 bab yang dipresentasiin*

Ingkongruen = Individu yang menekan pengalaman yang tidak menyenangkan ke dalam alam bawah sadar. Sehingga g mungkin bisa muncul ke dalam kesadaran. Gampangnya: nilaimu jelek gara2 g belajar, tapi nyalahin dosen. Bilang kalo ngajarnya g enak…*mungkin kayak gitu*

Kongruen = Individu mampu dan mau memunculkan pengalamannya baik ataupun buruk kea lam kesadaran. Gampangnya: Nilai jelek, gpp wes… emang aku yang kurang belajar. Lain kali belajar deh…XP

Naaah!! Ngerti kan apa itu kongruensi…^u^

Sekarang masuk pembicaraan intinya. Pas aku nggambar2 di sketch book, Ernest tiba2 ikutan nimbrung

Ernest: Nggambar Kum?? *melirik aku yg lagi nggambar tokoh tipe chibi*

Kuma: He-eh

Ernest: Itu Ideal self-mu ya! Jangan lupa digambar pake alis *Ideal self = Bayangan sempurna yang ada di benak individu tentang “seharusnya aku begini!”*

Kuma: G kok! Aku nggambarnya g pake alis! Aku kan mau jadi individu yang kongruen…^o^*serius*

Ernest: *diam sejenak, ngambil pensil* Sini, kamu tak jadiin ingkongruen… *menambahkan alis pada gambarku*

Kuma: Tidaaak!! Aku batal jadi individu yang kongruen!! *dramatisasi*

…hening sejenak…

Ernest: Huahahahahaha…sini wes, tak hapus ke inkongruen-an di gambarmu *ngehapus gambar alis yang dia buat tadi*

Kuma: Oke…*puas*

Meskipun aku g punya alis, aku sedang dalam tahap “berusaha menerima” ke(tidak)adaan alisku…aku akan berusaha sekuat tenaga menjadi individu yang kongruen!! Wkwkwkwkwkwk…^u^

3 thoughts on “Kongruensi…

Leave a Reply

