Review tentang Let’go…

Baru kali ini kan aku nge-bahas NOVEL…apalagi novel Indonesia…>u<

Selama ini aku selalu mikir kalo NOVEL Indonesia selalu ngebahas ‘ALL ABOUT LOVE’ yang kadang sampe bikin gatel…=,= (maap ya pecinta NOVEL Romantis, habisnya aku g suka cerita yg terlalu mengagungkan cinta sih……=n=a Kyaaaa, aku bukan cewek manis yg romantis…>u<hehe)

Nah, di novel karangan Windhy Puspitadewi ini bukan melulu cinta yg dibahas. Meskipun tetep ada sedikit bumbu tentang cinta, tapi titik berat novel ini bukan di sektor CINTA…itu yg bikin aku betah baca nih novel. Let’go lebih menitik beratkan persahabatan Caraka sama Nathan yg jujur aja, aku sampe ngiri…>u< ya ampun!!! Kenapa mereka bisa se‘mesra’ itu???! Jangan salah!!! Mereka g HOMO kok…=,=a (mencegah keambiguan tentang kata2 ‘mesra’)

Caraka: Cowok yg mulutnya lebih dominan daripada otaknya, tapi karena itu dia kelihatan jujur n tulus. Gara2 kebiasaanya itu, banyak cewek yg naksir dia. Lebih hebatnya lagi, dia NGGAK CONGKAK!! Ya ampun!! Ada ya ternyata cowok popular yg g congkak…=,= G bisa Sains, tapi kalo soal SEJARAH, dia bisa nyebutin isi kitab yg bahkan aku g ngerti kalo tuh kitab ternyata pernah diajarin di SMA. Cita2nya jadi Sutradara, makanya hobi baca ma nonton film.

Nathan: Dari deskripsinya se dia terkesan ganteng (atau dia terlihat ganteng karena deskripsinya sesuai ma kriteriaku?! Mungkin saja…XP). Dulu dia manusia super sempurna, pinter olahraga maupun pelajaran.Tapi sejak kena tumor otak, dia jadi g pernah olahraga berat lagi, walaupun otaknya tetep JOSS. Manusia yg kata2-nya hampir g pernah manis, kebanyakan sadis n lalim =,=. Kalo ngikutin jalan ceritanya baik2, dia ternyata care ma sekitarnya.

Nadya: Naaah,… sejenis ma Nathan tapi cewek, itulah Nadya…=,= Cewek g manis yg bisa segala, selalu nolak kalo dibantu. Tapi buntut2nya dia kepincut juga ma Caraka.

Sarah: Aiiih, cewek manis yg tampak nyebelin. Maniisss banget, sampe tampak seperti pasrah. Naksir Caraka…..jelas laah!!=,= Jago banget bikin puisi n karya tulis, aku ngiri ma otaknya…>u< (aku nggak ngiri ma otaknya Nathan,…ada tumornya…XP)

Huahahahahaha!!! Keliatan banget ya kalo aku pilih kasih! Deskripsinya yg cowok panjang2, tapi yg cewek cuma sedikit…=,= YA JELASLAH!!!! Aku lebis suka nge-deskripsiin cowok daripada cewek…XD

Banyak kata2 bagus yg ditulis di sana…

Puisi karangan Sarah di Veritas (majalah sekolah yg diurus ma 4 tokoh diatas)

Ketika wanita menangis,

Itu bukan berarti dia sedang mengeluarkan senjata terampuhnya, melainkan justru dia sedang mengeluarkan senjata terakhirnya.

Ketika wanita menangis,

Itu bukan berarti dia tidak berusaha menahannya, melainkan karena pertahanannya sudah tak mampu lagi membendung air matanya.

Ketika wanita menangis,

Itu bukan karena dia ingin terlihat lemah, melainkan karena dia sudah tidak sanggup berpura-pura kuat.

Dan ada satu kutipan yg aku suka…XD

Aku bisa kehilangan teman seperti itu dengan kematianku, tapi tidak dengan kematiannya.

>,<…hiks, seperti dugaan kalian…Ada salah satu tokoh yg mati. Dan udah jelas, yaitu NATHAN…T,THuweeeeeeee!!! Kenapa kamu yg mati nathaaaaaan…*g rela*

Yaaah, gimana lagi…Tumornya udah stadium akhir. Pas stadium awal, dia g mau dioperasi gara2 dia takut bakalan mati di meja operasi…n dia gak tau apa yg mau dia perjuangin sampe2 harus operasi. Jadi setelah dia sudah dioperasi *berkat bujukan CARAKA*, udah telat…tumornya udah nyebar

Hiks, rasanya jalan ceritanya terkesan cepet banget. Tau2 Nathan udah mati…T,T

Meskipun temanya cukup umum n jalan ceritanya ketebak dari awal, cara pengarangnya nulis bikin aku ketawa ngakak n g bosen bacanya…>u<

Naaaaaah!!! Setelah nge-bahas kelebihannya, aku mau bahas kekurangannya… (berdasarkan pandangan kuma tentunya)

DETAIL!!!

Detail novel ini agak dipertanyakan. Apalagi tentang penyakitnya Nathan…

Nathan, kena tumor otak. Tapi dia bisa ngerjain 100 soal matematika dalam sekejap, ngerjain separo tugas fisika cuma 15 menit…=,= Jago olahraga..bisa ngalahin anggota tim basket sendirian, ngalahin preman dengan sekali tonjok. Cuma kelihatan sakit di saat kecapean atau habis minum obat…=n=

ANEH KAN?! Dia kena tumor otak, tapi kerja otaknya masih UNBELIEVABLE!!!

Harusnya kalo kena tumor otak apalagi udah stadium akhir, paling g ada beberapa gangguan sama fungsi tubuhnya. Contoh, kalo tumornya ada di lobus frontalis (pusat berpikir), paling g jalan pikirnya jadi agak g beres. Kalo ada di otak kiri, harusnya ada gangguan di fungsi tubuh bagian kanan, atau sebaliknya…kalo ada di otak kanan, gangguannya ada di tubuh sebelah kiri.

Jadi, kenapa si NATHAN ini g punya kekurangan sama sekali??! Paling g, harusnya ada gangguan fungsi indera atau kontrol tubuh. Dia jadi kelihatan kaya’ manusia yg g punya kekurangan walaupun otaknya ada tumornya. Jadi g rela buat ngelepas dia…, karena dia kelihatan masih sehat sampe hampir di akhir novel, tau-tau mati…=,=

Kalo novel luar negeri kan diperhatikan detail-nya. Kalo ada setting penyakit di salah satu tokohnya, pasti diceritain perkembangan penyakitnya…walaupun bukan tokoh utama. Paling nggak, pasti dibahas sekilas…mau itu membaik atau memburuk.

Tapi, overall kekurangannya cuma itu…

Ceritanya bagus banget kok!!! Worthed banget-lah buat dibaca…XD Tapi yg bikin nyesel adalah…itu bukunya NYOL…>,< aku g punya!! Aku juga mau beli aaaah…XD hehehe

Advertisements

11 thoughts on “Review tentang Let’go…

  1. Eh… ada namaku di posting ini 😛 hohoho

    syukur deh kalau sensei suka. kalau pengen nulis kekurangan dan perlu jawaban tuh sebaiknya sensei tanya langsung ke penulisnya.. pasti di bales kok sama orangnya *udah berkali-kali mengkritik penulis indo

    tapi menurutku segitu aja sudah cukup kok buat nyeritain ide awal dari penulisnya… kan emang bukan buku kedokteran 😛

    sensei gak mau bikin buku kayak Let Go ta? aku pinjemin sensei buku ini tuh karena di sekeliling sensei banyak orang yg tampaknya bersifat mirip dengan nathan 😆 . buat selingan cerita2 ajaib sensei 🙂

  2. “aku pinjemin sensei buku ini tuh karena di sekeliling sensei banyak orang yg tampaknya bersifat mirip dengan nathan” –> tepat sekali, ahahaha 😆 (berhitung: Shinigami, Yukihiro, Mas Theo, Djiwo, ….siapa lagi ya, Kum?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s