Aku ini seperti apa?

Kadang, aku berpikir *ini agak kontradiktif dengan kalimat yg sering kuucapkan…yaitu ‘aku malas berpikir’* “aku ini kayak gimana sih?”

Beberapa hari yang lalu, pertanyaan “Tes MBTI-mu apa?” muncul di LINE grup PMPM

aku dengan yakin menjawab “INTP”

hasil MBTI kuma

intp

intp20140531

karena memang aku sudah tes tiga kali dalam jangka waktu yang berjauhan dan hasilnya masih tetap sama…yaah, aku kayaknya cukup konsisten wkwkwkwk *meskipun kayaknya ada 1 file .PNG MBTI yg aku salah nanggalinnya*

walaupun begitu, waktu aku bertanya pada anak PMPM lain yg tidak ikut grup LINE…

Kuma: Masmun, MBTI-mu hasilnya apa ya? depannya I bukan?

Masmun: Iyalaah…kamu apa emange?

Kuma: Aku INTP…

Masmun: *pasang wajah shock*

Kuma: Kenapa? nggak keliatan ya?

Masmun: *angguk2

 

MBTI terdiri atas 16 tipe kepribadian

I dari INTROVERT berpasangan dengan E dari EKSTROVERT

S dari SENSING berpasangan dengan N dari INTUITING

T dari THINKING berpasangan dengan F dari FEELING

P dari Perceiving berpasangan dengan J dari JUDGING

 

Kuma: Aku keliatan E ya?

Masmun: iya pek…

Geby: Mbak Kuma keliatan I banget kok…

Masmun: *pasang ekspresi tidak percaya*

 

Ya wajarlaah…aku manusia yang berbahagia, suka ngobrol, cerita-cerita nggak jelas  dan cukup malu-maluin di depan umum….jadi secara umum aku emang terlihat Extroverted

tapi aku juga ingat kalok aku amat sangat mencintai waktu kesendirianku dimana aku bergulingan menatap langit di saat subuh ataupun langit di saat malam, membaca buku, dan menggambar…

Introverted bukan berarti tidak gaul dan tidak suka berkomunikasi dengan orang lain…ini adalah kesalahpahaman  umum yang seringkali terjadi walaupun di lingkungan Psikologi sendiri…

Introverted dan Ekstroverted bukan ditekankan di tingkat komunikasinya….tapi dari mana energinya didapat. Jika kamu merasa energimu terkuras saat sendiri dan ter-charge disaat kamu bersama dengan orang lain, kamu Ekstroverted *mengenyampingkan kamu ikut berbicara atau tidak dalam pertemuan dengan khalayak ramai tersebut*….nah sedangkan Introverted memiliki arti sebaliknya yaitu kamu mendapatkan energimu disaat kamu sedang sendirian dan terkuras disaat bersama orang lain *walaupun jika bersama orang lain kamu seringkali ikut bicara*….

Istilahnya…mana yang lebih Rejuvenating buatmu…*tulisane salah gak ya itu?*

 

Sesaat setelah ditanyai Masmun begitu, aku sempat ragu apakah aku bener2 berkarakter I? apa aku masih pantas menyandang predikat kembarannya ‘spesies Cogito Ergo Sum’ Dwi? aku melakukan tes MBTI nista itu sekali lagi *dikatain nista karena tesnya panjaaaaang banget…beh*

dan inilah hasilnya…intp 20140530

 

ya, aku masih INTP~

*pasang ekspresi…’guweh gini-gini ajah~’*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s