Festival Yosakoi 2015

Aku lupa dulu pernah posting soal Yosakoi atau ndak ahahahaha XD tapi kujelaskan garis besarnya aja ya sekilas…

Singkatnya, Yosakoi adalah tarian perayaan yang dilakukan pada musim panas! Udah, itu singkatnya wkwkwkwkwk XD *lalu ditapuk*

Tapi beneran deh, Yosakoi emang tarian perayaan yang dibawakan dengan ceria dan enerjik, dan lebih asyiknya lagi itu Yosakoi adalah tarian perayaan yang siapapun boleh ikut! Cowok-cewek, tua-muda semua boleh ikut bergabung dan menari :3

img_0

Courtesy from google

Dan bukan cuma di Jepang aja lho tarian Yosakoi ini, mulai tahun beraapaaa gitu Festival Yosakoi juga dibawakan di Surabaya dalam rangka cross-culture atau lintas budaya Jepang-Indonesia~ Yosakoi dari Jepang dan Remo dari Surabaya *mungkin konjen Jepang punya padanan lain kalok pas bertempat di tempat lain…kayaknya gitu~ aku gtw. Cuman tau Surabaya aja wkwkwkwk*

Aku juga pernah ikut tampil di festival yosakoi tahun2 sebelumnya lhooo…*lalu ubek2 foto lama*

37491_138807056141184_100000356713831_266964_8206442_n

Yosakoi 2009

284083_2175677559072_1460820995_2347918_4102524_n

Yosakoi 2010

600552_3369625288045_1974419393_n

Yosakoi 2011

Nah, postingan ini sebenarnya punya tujuan lain dibaliknya. Aku mau protes :3 *senyumnya dimanis2in biar kalian masih terus baca*

Pada tahun2 sebelumnya, Festival Yosakoi ini diadakan di Taman Surya dan di Taman Bungkul…namun tahun ini Festival Yosakoi digelar Balai Pemuda

Agak sedih sih karena awalnya acara diadakan di lapangan luas dan outdoor, tapi tahun ini malah diadakan di dalam ruangan. Jadi gini, tarian Yosakoi itu ndak cuma sekali tampil lalu selesai lho ya~ Tarian Yosakoi itu rangkaian tarian yang terdiri atas 3 bagian yaitu PEMANASAN, STAGE dan JALAN. Jadi biasanya sebelum tampil di stage utama untuk dinilai oleh juri, akan ada satu sesi tarian untuk kita memulai pemanasan, lalu setelah itu barulah kita tampil di stage dengan formasi panggung disertai dengan aksi2 maksimal seperti lompatan dan lari2 yang heboh, setelah itu akan ada bagian dimana kita masih akan menari 3-5 kali lagi di sekeliling lapangan stage atau jalan besar sekitar stage utama dengan formasi jalan yang sudah didesain sedemikian rupa untuk tetap cantik tanpa makan banyak tempat untuk menghibur penonton yang sudah repot2 datang menonton festival XD Semakin rame semakin asik kan soalnya~<3

Tapi kembali lagi ke tujuan utama postingan ini dibuat wkwkwkwk, aku mau protes sedikit kepada penyelenggara Festival Yosakoi tahun 2015 ini. Aku tau membuat acara itu sulit, tapi ini beneran deh…gak becus banget bikin acaranya. Perencanaan ndak matang, pemilihan tempat terlalu sembrono dan tidak memikirkan penampil serta penonton. Sembarangan lah pokoknya gebyar Festival Yosakoi tahun ini….kesan Festivalnya ndak kerasa sama sekali malahan, ini semacam lomba biasa…salahnya indoor :p Tapi percayalah, tidak terasanya aura Festival bukanlah masalah terburuk…ini yang terburuk

2015-08-02 10.47.10

Kiri-kanan kulihat saja banyak manusia *ulala~* mana sebagian besar manusia yang ada di sana notabene lebih tinggi daripada aku pula (=__=) *merengek sedih* Ini bukan stage utama btw, ini tempat peserta Yosakoi tampil sambil berjalan…Tempatnya di Teras Balai Pemuda, kalok semua berdiri gitu mau jinjit juga mustahil bagiku buat bisa ngeliat yang lagi tampil

2015-08-02 10.47.01

Lalu karena buntu, aku memilih duduk di tempat yang disediakan panitia. Capek berusaha nonton sambil berdiri dan mencuri intip diantara tembok manusia…aku menyerah~

Tapi beberapa menit setelah duduk cantik sambil merenungi dan mengutuk nasib jadi orang pendek, aku teringat kalok aku dateng kesini itu buat ngeliat Festival Yosakoi!!! Kalok ending2nya duduk manis, ngapain juga aku perlu bangun pagi trus mandi supaya cantik!! Mending aku mbangkong dirumah…*lalu beranjak dari tempat duduk*

Aku pindah deh ke stage utama alias di Stage Indoor dalam Balai Pemuda dengan harapan bisa memonton dengan cukup layak karena di dalam mereka semua duduk dan ruangannya ber-AC. Imbuh harapan semu untuk menemukan tempat duduk yang ditinggalkan para orangtua yang datang hanya untuk menonton anaknya tampil…

Iya sih aku nemu tempat duduk, tapi liat deh keadaannya di dalem…

2015-08-02 13.17.38

Ini Eye Level lho ya

Ass…ass everywhere~

2015-08-02 13.18.04

Di Kanan

2015-08-02 13.18.23

Dan di Kiri

Gimana perasanmu kalok jadi aku? Ah, aku batal nanyak….aku cuma mau bilang kalok aku MANGKEL!! Aku jengkel setengah idup disana…*facepalm*

Orang2 ini apa ndak pernah diajarin sopan santun dirumah? Atau paling fundamental aja, pernah gak sih diajarin kalok tempat duduk itu fungsi utamanya ya buat duduk? *disini pakek efek ngomel2 ya*

Orang2 yang duduk di bagian tengah kebelakang jelas merasa tidak puas, banyak yang berseru lantang “yang depan duduuuuuk!!” tapi apa daya, yang ada di depan pura2 tidak tahu…kutengarai mereka sedang tuli sesaat karena terjebak euphoria Festival Yosakoi (T__T) hiks~

2015-08-02 13.18.46

Di Depan yg Chaos

Ketidakpuasan itu tak berhenti disini…saat grup Yosakoi dewasa dengan nomer urut 2 mulai, para ‘pemandu sorak’nya berteriak2 histeris di ujung depan sana sambil memegang 2 spanduk besar *bayangkan spanduk “nantikan ceramah agama bersama tokoh besar keagamaan yang sering ada di jalan-jalan besar pada saat bulan Ramadhan dulu”* BUNTU BANGET!! Nggak cuma tariannya yang nggak keliatan, musiknya juga hampir kalah keras…duh gusti, paringono kulo pangapuro *sempat terlintas ide untuk menggulingkan kursi di depan secara paksa biar kayak domino*

Pengen nangis kok ya gak iyes, mau negur satu2 kok ya malas, lanjut ngomel aja kehalang lapar cobak…aku menyedihkan hari itu~

“Yeg, ke Delta aja yuk” Pintaku dengan wajak melas pada EkakCipta yang gak kalah sewotnya dari aku

“Ayuk wes!” Ujasnya sambil memandang sinis seolah berkata ‘Orang bodoh kalok ndak ketolong itu ya gini!’ ke sekeliling kami

Akhirnya Aku, Ekak sama Mas Bayu melangkah ke Delta setelah pamit ke temen2 yang rencananya bakal tampil menari Yosakoi di urutan ke 27…eh, yang melangkan Aku sama Ekak sih, Mas Bayu naik motor *motor Ekak diparkir di WTC sana soale* sambil mengomel tentang pemilihan tempat yang kurang pas sampai bagaimana kebodohan massal itu menyakiti hati kami #halah2

“Kalok kita tetep disana Kum! Pilihan kita cuma 2!! Mau tetep cerdas dan memanfaatkan kursi sebagaimana fungsinya tapi ndak bisa nonton atau bisa nonton dengan ikutan barbar dan berdiri di atas kursi kayak mereka!! Dua2nya sih aku ogah!!” Cetus Ekak

Ya…aku juga ndak mau ikutan bodoh seperti mereka, tapi pengen nonton Festival…karena pilihan itu ndak mungkin kejadian ya weslah~

2015-08-02 13.32.32

2015-08-02 13.32.59

2015-08-02 13.37.10

Sebelum melangkah ke Delta, kami sempat menonton para peserta yang berlatih diluar. Ahhh, pelipur lara lah ya…kesampaian nonton Festival Yosakoi yang beneran Festival…Outdoor, bisa dinikmati banyak orang baik penonton maupun peserta~

Aku merindukan gebyar Festival Yosakoi yang semarak…jadi kalok Konjen Jepang sama Pemerintah Kota Surabaya nggak bisa bikin acara dengan matang dan niat, plis gak usah bikin acara aja! PHP!

Tau gini mending ditengah pagelaran Remo tadi aku ikut Satria makan aja ke Delta *ngupil pakek jari kaki*

3 thoughts on “Festival Yosakoi 2015

  1. Wah, padahal lebih bagus di jalan raya ya, Darmo waktu ada car free day atau taman bungkul aja, klo Indoor bukan yosakoi lagi tuh namanya, Di jepang aja sampe dibuatin panggung yg luas banget

    • Iyaaa…dulu kan memanfaatkan Car Free Day~ gak tau tuh kenapa Festivalnya ndak dihelat disana (=__=) *ada rumor kalok di outdoor banyak yg ngeluh kepanasan (kalok kepanasen ya bawa payung kek #cemberut)* jadi kayak lomba biasa mah kalok indor, bukan perayaan lagi. Beda makna, orang2 yg ngurusin ndak peduli sama makna tariannya deh kayaknya (=3=)

      • Masa’ Kalah sama orang Jepang yang Semangat bawa tariannya + ga ada tuh penonton yang komplain soal kepanasan

Leave a Reply

